Sabtu, 14 September 2013

cara Optimalisasi Windows 7

Berikut langkah-langkahnya cara Optimalisasi Kinerja Windows 7:
  •  Optimalisasi Tanpa Software, Yang dimaksud dengan optimalisasi tanpa software adalah langkah-langkah yang bisa kita lakukan pada Windows 7 dalam keadaan default, tanpa penambahan software apapun di luar paket instalasi Windows 7 untuk mengoptimalkan kinerjanya.. berikut langkah-langkah optimasinya:


a. Mempercepat Start-up / Booting time
 Mengaktifkan semua core processor Caranya adalah klik Start, ketikan MSCONFIG, enter, masuk ke tab ‘boot’, pilih ‘advanced options’, beri tanda check pada ‘number of processors’, lalu pada menu drop down pilih jumlah maksimum yang ada.
Bila processor kita memiliki 2 buah core, maka di situ akan muncul 2, bila 4 maka akan muncul 4.
Mematikan Services yang tidak perlu, Caranya adalah klik Start, ketikan MSCONFIG, enter, masuk ke tab ‘services’, lalu hilangkan tanda check pada services yang kita ingin matikan. Sebagai panduan, ada baiknya kita beri tanda check dulu pada Hide All Microsoft Services. Ini artinya, kita akan hanya melihat services yang dijalankan oleh softwares yang kita instal setelah menginstal Windows 7.
Mengeset Services Menjadi Manual, Caranya adalah dengan klik Start, klik kanan pada My Computer, dan pilih ‘Manage’. Klik pada ‘Services and Application’, lalu pilih ‘Services’. Untuk setiap entry yang ada, kita dapat meng-klik kanan pada entry tersebut dan pilih properties, lalu pilih ‘manual’.

Tidak menggunakan wallpaper dari file yang ukurannya besar
Ketika Windows 7 melakukan start-up, ia akan memuat semua komponen yang akan ditampilkan pada desktop. Tentu saja waktu load-nya akan menjadi lebih lama bila kita memasang wallpaper dari sebuah file yang ukurannya besar.

Men-disable efek visual
Cukup banyak efek visual pada Windows 7 yang memang memperindah tampilan, tapi sebenarnya tidak begitu esensial untuk kelancaran kerja produktif. Cara mematikan efek visual ini adalah dengan klik Start, klik kanan pada ‘My Computer’, lalu pilih ‘Properties’. Pilih ‘Advanced System Setting’ dan pada tab ‘Advance’, pilih ‘Setting’ pada bagian ‘Performance’. Pada bagian ‘Performance Options’ ini kita bisa langsung memberikan tanda check pada pilihan ‘Adjust for Best Performance’, atau anda juga bisa memberi tanda check pada pilihan costum lalu anda bisa memilih efek yang ingin anda matikan.
b. Registry Tweaks

Pengeditan setting pada registry Windows 7 juga dapat membantu meningkatkan kinerja Windows 7. Di antaranya :
 Mempercepat Tampilan Menu, Cara melakukannya adalah klik start, ketik regedit, dan enter. Lalu pilih opsi HKEY_CURRENT USER > Control Panel > Desktop. Pada jendela sebelah kanan klik dua kali value key dengan nama MenuShowDelay. Di sini yang kita lakukan adalah mengubah nilai default 400 menjadi lebih kecil. Kita bahkan dapat memberikan nilai 0.

Beberapa sumber di Internet juga menyebutkan bahwa penambahan setting ini akan meningkatkan waktu desktop loading. Tempatnya masih sama pada lokasi di registry seperti sebelum ini. Yang harus dilakukan adalah menambah beberapa value key seperti berikut ini :
o AutoEndTasks: 1
o HungAppTimeout: 1000
o WaitToKillAppTimeout : 2000
o LowLevelHooksTimeout: 1000
Untuk menambahkan value key, yang dilakukan adalah dengan klik kanan pada jendela sebelah kanan, lalu pilih key, pilih string value, tuliskan nama value key-nya, lalu klik kanan pada value key tersebut dan pilih modify. Masukkan nilainya seperti yang tertulis di atas. Sesudah selesai melakukan ini, komputer harus di-restart.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar